Scroll untuk baca artikel
Viral

Rekor! Jasa Marga Catat 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Pada Idul Fitri 2022

162
×

Rekor! Jasa Marga Catat 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Pada Idul Fitri 2022

Sebarkan artikel ini
jasa marga
Kendaraan yang tinggalkan Jabotabek catatkan rekor. Foto/Detik

Jasa Marga catat 1,7 juta kendaraan dari H-10 hingga H-1 yang berangkat dari Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada Idul Fitri 1443 H.

Jasa Marga mengatakan angka ini memecahkan rekor lalu lintas terbanyak dalam sejarah arus mudik.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

1,7 juta kendaraan tercatat oleh Jasa Marga meninggalkan Jabodetabek dalam tiga arah: Timur (melalui Jawa dan Bandung), Barat (Merak) dan Selatan (Puncak). Angka itu meningkat 9,5% pada saat Lebaran 2019 atau sebelum pandemi Covid-19.

Head of Corporate Communication and Community Development Group mengatakan, “Dibandingkan dengan volume lalu lintas normal pada November 2021 yang memiliki volume lalu lintas tertinggi selama epidemi, jumlah kendaraan yang pulang tahun ini meningkat 18,6 menjadi 1,7 juta.” %,” Kata Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis, Selasa, (3/5).

Dwimawan kemudian menjelaskan, jalur pilihan pemudik dari segi distribusi lalu lintas masih mengarah ke timur. Dari 1,7 juta kendaraan, 53,8% terhubung ke jalan tol Trans Jawa.

Dari 1,7 juta kendaraan yang tercatat oleh Jasa Marga, 27,6% mengarah ke jalan tol Merak. Kemudian 18,7% kendaraan menuju Puncak. Lantaran padatnya arus mudik, Heru meminta para pengendara menyempatkan diri untuk kembali ke Jabotabek atau daerah terpencil.

“Masa arus balik sendiri relatif singkat dibandingkan dengan arus mudik. Jika semua orang berencana pulang setelah liburan panjang seperti 6, 7, 8 Mei 2022, peningkatan lalu lintas serentak inilah yang harus diwaspadai pengguna jalan,” jelas Dwimawan.

Terakhir, Dmimawan ingatkan pemudik untuk selalu waspada saat berkendara, mematuhi rambu lalu lintas di jalan tol dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Jasa Marga mengimbau pengemudi untuk selalu memantau kondisi lalu lintas yang dapat diakses melalui aplikasi Travoy yang menampilkan rekaman CCTV langsung di jalan tol. Pengemudi juga dapat menghubungi call center 24 jam 14080 untuk informasi lebih lanjut.