Scroll untuk baca artikel
banner 728x250
Pemerintahan

Ketika Satpol PP Sumenep Menjelma Jadi Petugas Parkir

476
×

Ketika Satpol PP Sumenep Menjelma Jadi Petugas Parkir

Sebarkan artikel ini
Ketika Satpol PP Sumenep Menjelma Jadi Petugas Parkir
Ketika Satpol PP Sumenep Menjelma Jadi Petugas Parkir. © Redaksi.

SuaraMadura.id – Setidaknya dua orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Sumenep, terlihat sibuk menjadi petugas parkir di depan Labang Mesem.

Keberadaan petugas penegak perda di akses masuk dan keluar parkir untuk ratusan motor pengunjung Pasar Minggu, Pajagalan, Kota Sumenep, tentunya menggelitik.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

Mengenakan kaos berkerah dengan tulisan Satpol PP pada bagian punggung, keduanya terlihat fasih menyerahkan dan menerima karcis bagi pengendara yang keluar masuk.

Di tengah kesibukannya, salah satu dari anggota Satpol PP Sumenep yang diminta keterangannya mengatakan bahwa keberadaannya di parkiran Pasar Minggu atas permintaan.

“Atas permintaan dari lurah Pajagalan melalui Kabid saya, Pak Fajar,” kata Supriyadi, yang awalnya sempat bingung ketika ditanya apakah dia anggota Satpol PP. Minggu (06/08/23).

Sementara Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Sumenep, Fajar yang mengelak bahwa dirinya yang menginstruksikan dua anggota tersebut.

“Itu permintaan secara pribadi ke anggota saya bukan resmi, dari Karang Taruna untuk membantu menjaga ketertiban dan keamanan di sana. Buktinya mereka tidak pakai pakaian dinas PDL,” dalihnya.

Saat ditanya apakah memberikan dan menarik karcis dari pengendara motor merupakan bagian dari menjaga ketertiban dan keamanan, Fajar malah mengeluarkan bahasa tak pantas.

Tentunya sikap yang ditunjukkan oleh Kabid Trantibum Satpol PP Sumenep tersebut dalam berkomunikasi dengan pewarta menjadi catatan buruk.

Perlu diketahui, urusan perparkiran sejatinya merupakan ranah dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Sumenep, atau yang biasa disebut Dishub.

Sehingga keberadaan anggota Satpol PP Sumenep yang menjelma menjadi petugas parkir motor bagi pengunjung Pasar Minggu timbulkan pertanyaan, kemana Dishub Sumenep.

Kebijakan salah kaprah dari pejabat Kota Keris seringkali terjadi. Entah berangkat dari ketidakpahaman terhadap regulasi atau memang sengaja abai diri seperti yang ditunjukkan Kabid Trantibum Satpol PP Sumenep.

Keterangan resmi dari pihak Dishub mengenai Satpol PP Sumenep yang menggantikan tupoksinya di parkiran depan Labang Mesem tersebut masih belum didapat.