Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Kecamatan Raas Sibuk Jelang Idul Fitri

223
×

Kecamatan Raas Sibuk Jelang Idul Fitri

Sebarkan artikel ini
Kecamatan Raas Sibuk Jelang Idul Fitri
Rapat koordinasi Forkopimda di aula Kecamatan Raas, Sumenep, Madura. Rabu (27/4). Foto/Istimewa

SUMENEP – Mudik, tradisi pulang ke kampung halaman bagi para perantau setiap Hari Raya Idul Fitri menjelang, membuat daerah tujuan pemudik harus bersiap. Seperti Kecamatan Raas, Sumenep, Madura.

Menyikapi hal itu, Kecamatan Raas merasa perlu meningkatkan sinergitas dengan TNI Polri dan instansi terkait lainnya. Demi menjaga keamanan, kelancaran dan kenyamanan pemudil di kampung halamannya.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

Nur Habibi, pimpinan wilayah Kecamatan Raas kemudian mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh stake holder, utamanya tokoh masyarakat dan tokoh agama yang berlangsung di aula kecamatan pada, Rabu (27/4).

Baca Juga: Antara Regulasi Sub Penyalur Pertamina, Mafia BBM dan Pemkab Sumenep

Mendapuk sebagai tuan rumah, Kecamatan Raas mengundang perwakilan dari Polsek, Koramil, Dharma Dwipa Utama, Syahbandar, Dishub Pelabuhan dan para Kades serta beberapa koordinator baik dari unsur pendidikan, kesehatan hingga perdagangan.

Adapun hal-hal yang dibahas dalam rapat koordinasi lintas sektor itu ialah seputar pelayanan yang harus disiapkan menyambut kepulangan perantau, sampai dengan persiapan pelaksanaan sholat Idul Fitri di Kecamatan Raas.

Sebelumnya, Nur Habibi menerangkan adanya program mudik gratis yang disediakan Pemkab Sumenep untuk melayani masyarakatnya, harus dimanfaatkan oleh masyarakat Kecamatan Raas.

Pelaksanaan takbir keliling tetap tidak diperbolehkan dan dilakukan di masjid masjid serta musholla. Meskipun begitu, pelaksanaannya akan lebih terasa hingga waktunya sholat Idul Fitri.

“InsyaAllah lebih bergema karena kami sudah mengajukan permohonan perpanjangan nyala listrik PLN pada saat hari raya,” ungkap Nur Habibi.

Baca Juga: Warga Pulau Raas Menjerit BBM Langka, Pemkab Sumenep Harus Hadir

Walaupun Kecamatan Raas saat ini tengah dilanda keterbatasan Bahan Bakar Minyak (BBM). Camat Raas meminta masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban demi suasana Hari Raya Idul Fitri yang lebih aman dan tertib.

“Komunikasi dengan pihak berwenang sudah kita lakukan dan berbagai pilihan solusi juga tengah dikaji. Intinya masyarakat dan keselamatan pemudik tetap jadi fokus utama,” ujarnya.

Terakhir, Forkopimcam Raas menyampaikan kepada masyarakat, selamat melaksanakan puasa ramadhan, selamat melaksanakan mudik lebaran dan selamat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri.

“Semoga kita semuanya dalam lindungan Allah SWT. Tetap selalu jaga protokol kesehatan. Raas satu rasa melayani. Mohon maaf lahir dan batin,” tutup pimpinan Kecamatan Raas tersebut.