Scroll untuk baca artikel
banner 728x250
Inspirasi

Tak Sampai Hati… Masyarakat Sekitar Putuskan Bongkar Rumah Dinas Koramil Raas

870
×

Tak Sampai Hati… Masyarakat Sekitar Putuskan Bongkar Rumah Dinas Koramil Raas

Sebarkan artikel ini
Tak Sampai Hati... Masyarakat Sekitar Putuskan Bongkar Rumah Dinas Koramil Raas
Atap rumah dinas Koramil Raas tengah dibongkar untuk direnovasi. Foto/Istimewa.

SuaraMadura.id – Kondisi atap rumah dinas Koramil Raas yang memprihatinkan dan nyaris roboh membuat masyarakat sekitar tak sampai hati. Setelah urun rembuk bersama lintas elemen, diambil keputusan untuk dibongkar guna dilakukan renovasi.

Bangunan rumah dinas Koramil Raas diperkirakan berdiri antara tahun 1985-1986. Selama kurun waktu tersebut, perbaikan dalam bentuk perawatan ringan telah seringkali dilakukan, namun akhirnya terkalahkan juga oleh putaran waktu.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

Tambal sulam atap rumah dinas Koramil Raas yang selama ini dilakukan, dirasa oleh Danramil 0827/21 Raas, Kapten arh. Sapto Waluyo sudah tidak memungkinkan lagi. “Malah justru akan menjadi bahaya karena umur bangunan yang memang sudah tua,” terangnya. Kamis (02/03/23).

“Kami lalu berkoordinasi dengan tomas, para Kades, Forkopimcam dan semua lapisan masyarakat. Dimana semua mendukung untuk dilakukan renovasi atap rumah dinas Koramil Raas secara keseluruhan,” jelas Kapten Sapto.

Kapten Sapto mengaku terkejut dan sangat bersyukur atas kepedulian serta gotong royong masyarakat sekitar terhadap kondisi bangunan atap rumah dinas Koramil Raas. Bahkan dengan sukarela swadaya terkait biaya yang diperlukan.

Berdasarkan hitungan, renovasi rumah dinas Koramil Raas membutuhkan anggaran kurang lebih 80 (Delapan puluh) juta yang kesemuanya murni dari masyarakat. “Kami nol rupiah, semuanya betul-betul dari kepedulian masyarakat,” kata Kapten Sapto.

“Untuk biayanya 100% swadaya dari masyarakat mulai pengusaha, instansi, para Kades dan juga teman-teman LSM yg dimotori oleh pak San Haji dan pak Cipto. Alhamdulillah semoga lancar dan sukses, Aamiin,” ucapnya penuh syukur.

Kegiatan tersebut, lanjut Danramil Raas, juga telah dilaporkan dan disetujui oleh Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi. “Sudah laporan Dandim dan beliau titip pesan, bangga dengan masyarakat Raas,” tuturnya.

Sinergitas antara TNI Polri juga nampak dalam kegiatan renovasi atap rumah dinas Koramil Raas. “Kami sangat dibantu oleh Polsek Raas di bawah pimpinan Kapolsek Iptu Edy Hariyanto. Alhamdulillah untuk material kayu semuanya diprakarsai oleh Polsek,” ujarnya.

“Alhamdulillah berkat kemanunggalan kami dengan masyarakat Raas, rehab atap perumahan Koramil Raas mulai dilaksanakan. Insyaallah estimasi waktu selesai dalam 7-10 hari ke depan,” pungkas Kapten Sapto.

Kompak dan bersinerginya masyarakat Raas dari semua unsur dan lapisan sangat terlihat dalam kegiatan renovasi atap rumah dinas Koramil Raas. Namun, ketidak hadiran Camat yang menurut informasi sedang menjalani pelatihan di Surabaya, menjadikannya terasa kurang lengkap.

Lintas Cellong Arjasa
Inspirasi

SuaraMadura.id – Genangan air yang membunuh busi. Bubur-bubur tanah liat yang memualkan sendi-sendi. Onggahan batu yang berbunyi gardem-gardem. Curang curam…

Ramadhan Bulan Istimewa
Inspirasi

SuaraMadura.id – Dalam kalender umat Islam Ramadhan adalah sebuah bulan istimewa. Di Bulan ini, penganut Islam diwajibkan menjalankan Ibadah Puasa…