Connect with us

Hi, what are you looking for?

Inspirasi

Pria Ini Berani Ungkap Kelakuan Dandim Sumenep Letkol Czi Donny yang Ngawur

Pria Ini Berani Ungkap Kelakuan Dandim Sumenep Letkol Czi Donny yang Ngawur
Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi bersama dengan Fauzi As. Foto/MM.

SuaraMadura.id – Seperti apa sebenarnya sosok Komandan Kodim 0827 disingkat Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya yang berani menentang Yayasan Panembahan Sumolo (YPS) dalam penyertifikatan tanah Makodim, diungkap secara blak-blakan.

Adalah Fauzi As, pengusaha muda sekaligus pemerhati kebijakan publik Kota Keris yang berani membuka tentang pribadi Dandim Sumenep Letkol Czi Donny kepada publik. Tentunya hal itu dilakukan tanpa tendensi apapun melainkan hasil penilaiannya secara objektif.

Bertempat di salah satu unit usahanya yang menyediakan makanan minuman murah dadakan, dikenal dengan sebutan Mami Muda. Fauzi As memulai cerita mengenai awal perkenalannya dengan Dandim Sumenep Letkol Czi Donny.

“Waktu itu tanggal 2 Juni 2022, saat Dandim Sumenep Letkol Donny masih ada di Papua Barat, entah apa, tiba-tiba beliau menelepon saya dengan durasi agak lama, padahal waktu itu kami belum saling mengenal,” ujarnya. Rabu (01/03/23).

Dalam telepon itu, lanjut Fauzi As, Sang Letkol berdiskusi panjang tentang potensi pertanian di Kabupaten Sumenep, termasuk bicara tentang komoditas ekspor. “Saya membatin di hati. Ini Dandim belum resmi berdinas di Sumenep, tapi sudah berani bicara potensi pertanian, Ngawur,” kenangnya.

Ngawur. Ya menurut Fauzi As kata tersebut, tetapi dalam artian positif, yang terkesan di hatinya setelah selesai berbincang-bincang kali pertama. Dan intens dilakukan sampai dengan Selasa, 28 Juni 2022, Letkol Czi Donny secara resmi menggantikan Dandim Sumenep yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Nurcholis, yang juga teman baiknya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Berlanjut pada hari Kamis, 30 Juni 2022. Hari kedua Letkol Czi Donny menjabat sebagai Dandim Sumenep, meminta saya untuk mengundang jejaring lintas profesi dari tokoh masyarakat, aktivis, pengusaha, akademisi, dan Seniman,” terangnya.

Pada malam itu, Fauzi mengatakan, Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi mengenalkan diri, ia bercerita tentang pengalaman memimpin di Batalyon Zeni Tempur 20 Papua Barat sebelum akhirnya ditugaskan sebagai Dandim Sumenep.

“Dari beberapa cerita yang saya simak, ada doa dan harapan Dandim Sumenep ini. Beliau memohon doa dan dukungan dari teman-teman yang hadir, untuk dapat mensertifikatkan tanah Makodim yang sudah puluhan tahun statusnya belum jelas,” jelasnya.

Ngawur. Ya kata tersebut kembali terkesan dalam hati Fauzi As ditambah pertanyaan, apa bisa. “Alhamdulillah berkat dukungan doa dari seluruh elemen, support dari para pimpinan, Letkol Czi Donny berhasil mensertifikatkan Kantor Makodim Sumenep, dalam kurun waktu empat bulanan,” tukasnya.

Letkol Czi Donny yang juga ditempa di Korps Baret Merah memang telah dikenal di kesatuannya, tegas dan berani. “Dalam hati saya beginilah konsekuensi Kopassus menapaki Bumi Sakera, hingga akhirnya kami masyarakat patut bersyukur,” katanya.

Ternyata, kata Fauzi As, Ngawur-nya Dandim Sumenep Letkol Czi Donny tak berhenti di situ. “Beliau mulai sering menyuarakan tentang mengembalikan masa kejayaan Sumenep, sesuai tagline Hari Jadi Kota Keris di tahun 2023 ini, tetapi dengan ide dan versinya sendiri,” ucapnya.

“Mengembalikan masa kejayaan Jagung dan Sapi. Adalah tema besar yang selalu disuarakan oleh Dandim Sumenep, hampir setiap waktu ketika selesai menjalankan tugas-tugasnya,” kata Fauzi As.

Perlahan, pemilik brand LaBatik itu mulai mengakui ke-Ngawuran Dandim Sumenep Letkol Czi Donny. “Sebab apa yang digagas oleh Dandim Sumenep ini adalah satu rangkaian sistem yang terhubung satu dengan yang lain,” jelas Fauzi As.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dengan langkah konkret yang sudah dilakukan dan dengan dukungan penuh dari Pangdam V kami meyakini bahwa Jagung dan Sapi akan menjadi Jaya yang Digdaya, atau dalam makna lain sukses yang tidak tertandingi,” tegasnya.

Di akhir obrolan mengenai Ngawurnya Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, Putra Rubaru tersebut menyampaikan. “Doa dan iktiar Dandim Sumenep, dikabulkan oleh Allah SWT. Ketahanan pangan mulai berjalan, sertifikat sudah ditangan, begitulah ucapan yang diulang-ulang dengan penuh keyakinan, menjadi doa yang diijabah,” pungkasnya.

Avatar of Suara Madura
Written By

Suara Madura Merupakan Portal berita Terkini Menyajikan Berita Sumenep, Jawa Timur, Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Sidoarjo, Gresik, Madura, Jakarta Dll

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Peristiwa

Peristiwa

SuaraMadura.id – Mantan Kades Batuampar, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dikabarkan melakukan penganiayaan terhadap Wartawan Sumenep. Kejadian penganiayaan terhadap Wartawan Sumenep yang juga...

Peristiwa

SuaraMadura.id – Kapolres Sumenep datangkan Bidang laboratorium forensik atau Bidlabfor Polda Jatim ke lokasi kebakaran di Tricomp, salah satu unit usaha Mami Muda yang...

Peristiwa

SuaraMadura.id -Mami Muda, basecamp atau markas tempat berkumpulnya para Wartawan Sumenep yang sedang soroti kasus fraud 60 Miliar di BSI, dibakar si jago merah....

Peristiwa

Dirut Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan penyebab awal kebakaran depo Plumpang dan korban jiwa yang ditimbulkan di hadapan Komisi VI DPR RI.

Peristiwa

KM Baruna Jaya Raya yang mengangkut sembako dan material dari Banyuwangi, Jawa Timur menuju Sapeken, Sumenep, Madura hilang kontak.

Peristiwa

Setelah mendapatkan telepon dari Ko Apen, Bripka RS bersama Briptu RG, anggota Provos Polres Sumenep Sumenep, kemudian mendatangi Mr Ball untuk melihat kejadian tersebut.

BACA JUGA :

Layanan Publik

SuaraMadura.id – Meski belum mengantongi Izin resmi, kapal tongkang penyeberangan dari Batu Guluk – Mamburit di wilayah Kepulauan Kangean, Sumenep, tetap beroperasi. Keselamatan penumpang...

Sosial

SuaraMadura.id – Petani bersama Pemdes setempat melaksanakan kerja bakti tahunan memperbaiki jalan tani di Geligir Karante Desa paseraman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Minggu (28/5/23)....

Pendidikan

SuaraMadura.id – Sejumlah aktivis pemerhati kebijakan publik soroti tukar guling lahan Bangunan Klaster Rumput Laut Sumenep yang dilakukan Universitas Bahaudin Muhdary (Uniba Madura). Menurut...

Pendidikan

SuaraMadura.id – Kasek SMAN 1 Sumenep, Drs Ahmad Sulaiman berikan klarifikasi mengenai kabar adanya siswa yang dilarang pulang karena belum bayar SPP. Diberitakan sebelumnya...

Pendidikan

SuaraMadura.id – Akibat belum menyelesaikan pembayaran BPPMP, sejenis SPP. Beberapa siswa SMA Negeri 1 Sumenep dilarang meninggalkan sekolah. Kejadian ditahannya beberapa siswa SMA Negeri...

Advertisement