Scroll untuk baca artikel
Inspirasi

Pria Ini Berani Ungkap Kelakuan Dandim Sumenep Letkol Czi Donny yang Ngawur

1281
×

Pria Ini Berani Ungkap Kelakuan Dandim Sumenep Letkol Czi Donny yang Ngawur

Sebarkan artikel ini
Pria Ini Berani Ungkap Kelakuan Dandim Sumenep Letkol Czi Donny yang Ngawur
Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi bersama dengan Fauzi As. Foto/MM.

SuaraMadura.id – Seperti apa sebenarnya sosok Komandan Kodim 0827 disingkat Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya yang berani menentang Yayasan Panembahan Sumolo (YPS) dalam penyertifikatan tanah Makodim, diungkap secara blak-blakan.

Adalah Fauzi As, pengusaha muda sekaligus pemerhati kebijakan publik Kota Keris yang berani membuka tentang pribadi Dandim Sumenep Letkol Czi Donny kepada publik. Tentunya hal itu dilakukan tanpa tendensi apapun melainkan hasil penilaiannya secara objektif.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

Bertempat di salah satu unit usahanya yang menyediakan makanan minuman murah dadakan, dikenal dengan sebutan Mami Muda. Fauzi As memulai cerita mengenai awal perkenalannya dengan Dandim Sumenep Letkol Czi Donny.

“Waktu itu tanggal 2 Juni 2022, saat Dandim Sumenep Letkol Donny masih ada di Papua Barat, entah apa, tiba-tiba beliau menelepon saya dengan durasi agak lama, padahal waktu itu kami belum saling mengenal,” ujarnya. Rabu (01/03/23).

Dalam telepon itu, lanjut Fauzi As, Sang Letkol berdiskusi panjang tentang potensi pertanian di Kabupaten Sumenep, termasuk bicara tentang komoditas ekspor. “Saya membatin di hati. Ini Dandim belum resmi berdinas di Sumenep, tapi sudah berani bicara potensi pertanian, Ngawur,” kenangnya.

Ngawur. Ya menurut Fauzi As kata tersebut, tetapi dalam artian positif, yang terkesan di hatinya setelah selesai berbincang-bincang kali pertama. Dan intens dilakukan sampai dengan Selasa, 28 Juni 2022, Letkol Czi Donny secara resmi menggantikan Dandim Sumenep yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Nurcholis, yang juga teman baiknya.

“Berlanjut pada hari Kamis, 30 Juni 2022. Hari kedua Letkol Czi Donny menjabat sebagai Dandim Sumenep, meminta saya untuk mengundang jejaring lintas profesi dari tokoh masyarakat, aktivis, pengusaha, akademisi, dan Seniman,” terangnya.

Pada malam itu, Fauzi mengatakan, Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi mengenalkan diri, ia bercerita tentang pengalaman memimpin di Batalyon Zeni Tempur 20 Papua Barat sebelum akhirnya ditugaskan sebagai Dandim Sumenep.

“Dari beberapa cerita yang saya simak, ada doa dan harapan Dandim Sumenep ini. Beliau memohon doa dan dukungan dari teman-teman yang hadir, untuk dapat mensertifikatkan tanah Makodim yang sudah puluhan tahun statusnya belum jelas,” jelasnya.

Ngawur. Ya kata tersebut kembali terkesan dalam hati Fauzi As ditambah pertanyaan, apa bisa. “Alhamdulillah berkat dukungan doa dari seluruh elemen, support dari para pimpinan, Letkol Czi Donny berhasil mensertifikatkan Kantor Makodim Sumenep, dalam kurun waktu empat bulanan,” tukasnya.

Letkol Czi Donny yang juga ditempa di Korps Baret Merah memang telah dikenal di kesatuannya, tegas dan berani. “Dalam hati saya beginilah konsekuensi Kopassus menapaki Bumi Sakera, hingga akhirnya kami masyarakat patut bersyukur,” katanya.

Ternyata, kata Fauzi As, Ngawur-nya¬†Dandim Sumenep Letkol Czi Donny tak berhenti di situ. “Beliau mulai sering menyuarakan tentang mengembalikan masa kejayaan Sumenep, sesuai tagline Hari Jadi Kota Keris di tahun 2023 ini, tetapi dengan ide dan versinya sendiri,” ucapnya.

“Mengembalikan masa kejayaan Jagung dan Sapi. Adalah tema besar yang selalu disuarakan oleh Dandim Sumenep, hampir setiap waktu ketika selesai menjalankan tugas-tugasnya,” kata Fauzi As.

Perlahan, pemilik brand LaBatik itu mulai mengakui ke-Ngawuran Dandim Sumenep Letkol Czi Donny. “Sebab apa yang digagas oleh Dandim Sumenep ini adalah satu rangkaian sistem yang terhubung satu dengan yang lain,” jelas Fauzi As.

“Dengan langkah konkret yang sudah dilakukan dan dengan dukungan penuh dari Pangdam V kami meyakini bahwa Jagung dan Sapi akan menjadi Jaya yang Digdaya, atau dalam makna lain sukses yang tidak tertandingi,” tegasnya.

Di akhir obrolan mengenai Ngawurnya Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, Putra Rubaru tersebut menyampaikan. “Doa dan iktiar Dandim Sumenep, dikabulkan oleh Allah SWT. Ketahanan pangan mulai berjalan, sertifikat sudah ditangan, begitulah ucapan yang diulang-ulang dengan penuh keyakinan, menjadi doa yang diijabah,” pungkasnya.

Lintas Cellong Arjasa
Inspirasi

SuaraMadura.id – Genangan air yang membunuh busi. Bubur-bubur tanah liat yang memualkan sendi-sendi. Onggahan batu yang berbunyi gardem-gardem. Curang curam…

Ramadhan Bulan Istimewa
Inspirasi

SuaraMadura.id – Dalam kalender umat Islam Ramadhan adalah sebuah bulan istimewa. Di Bulan ini, penganut Islam diwajibkan menjalankan Ibadah Puasa…