Ekonomi

Himajoyo Selenggarakan Pengabdian Bagi Pelaku UMKM di Desa Tajungan

367
×

Himajoyo Selenggarakan Pengabdian Bagi Pelaku UMKM di Desa Tajungan

Sebarkan artikel ini
Himajoyo Selenggarakan Pengabdian Bagi Pelaku UMKM di Desa Tajungan
Himajoyo bersama para pelaku UMKM di Desa Tajungan, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura.

SuaraMadura.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Trunojoyo Madura (Himajoyo), selenggarakan kegiatan Pengabdian Desa bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Dimulai pada Sabtu, 8 Juli 2023, kegiatan pengabdian Himajoyo tersebut mengambil tempat di Kantor Desa Tajungan, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Klik Gambar Untuk Reservasi
Menu Paket Ikan Dorang

Eriy Yulianto, S.Si selaku Sekdes nampak membuka acara yang dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Tajungan Kusumaningsih S.Pd serta Frida Fanani Rohma S.Akun., M.Sc. selaku pembina Himajoyo.

Bertema “Mengabdi dan Membangun Kesejahteraan untuk Mewujudkan Desa yang Terampil, Produktif, dan Inovatif”. Acara ini berisi sosialisasi tentang strategi pemasaran untuk UMKM.

Salah satunya berupa pengenalan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi TemanBisnis kepada para pelaku UMKM di Desa Tajungan, merupakan wujud kepedulian Himajoyo.

Para pelaku usaha terlihat antusias menyimak materi strategi pemasaran untuk UMKM yang disampaikan Ervina Rahmalia Putri selaku Wakil Ketua Umum Himajoyo.

Setelah itu, pelaku UMKM diajarkan tentang cara pencatatan keuangan secara digital menggunakan aplikasi TemanBisnis yang dipandu oleh Maaul Khasanah selaku Pengurus Himajoyo

Sehari berselang, tepatnya pada 9 Juli. Sesi kedua kegiatan Pengabdian Desa Himajoyo dilanjutkan dengan agenda pendampingan dirumah 3 pelaku UMKM yang ada di Desa Tajungan.

Yakni Kusumaningsih sebagai reseller Lapis Kukus Pahlawan, Mukmina dengan usaha siwil dan kerupuk Tajungan, serta Ulfa yang juga memiliki usaha sejenis serta petis.

Ketiga pelaku UMKM Desa Tajungan tersebut diberikan pendampingan oleh pengurus Himajoyo mengenai praktik pencatatan keuangan secara digital dan manual.

Setelah dilakukan pendampingan, selang tiga hari Pengurus Himajoyo kembali sidak ke lokasi pendampingan UMKM guna mengetahui hasil perkembangan praktik yang dilakukan tiga perempuan pelaku UMKM itu.

Dari hasil survei dinyatakan bahwa pelaku UMKM memiliki minat melakukan pencatatan keuangan dari usaha mereka, ada yang tertarik dengan pencatatan secara manual, namun ada pula yang tertarik secara digital.

Sebelum serangkaian acara kegiatan resmi ditutup di sesi ketiga pada 16 Juli 2023. Pengurus Himajoyo menyempatkan senam bersama dan mengadakan beberapa lomba tradisional yang dimeriahkan oleh anak-anak Desa Tajungan.

Acara penutupan ditandai penyerahan plakat sebagai cinderamata kepada pihak Desa Tanjungan yang bersama seluruh masyarakatnya telah menyambut baik Pengabdian Desa Himajoyo tahun ini hingga berjalan lancar dan sukses.

Selain mendukung program kerja Himajoyo memberdayakan pengetahuan kepada masyarakat. Harapan dari kegiatan ini adalah agar pelaku UMKM Desa Tajungan dapat memahami dan mempraktikkan pencatatan keuangan dalam mengelola keuangan dengan baik.