Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Tidak Disangka Kapolres Sumenep Sampaikan Hal Ini Tentang Rokok Ilegal

AKBP Edo Satya Kentriko yang jabat Kapolres Sumenep, sampaikan keterangan mengenai persoalan rokok ilegal yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Tidak Disangka Kapolres Sumenep Sampaikan Hal Ini Tentang Rokok Ilegal
Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko. Foto/Relasi Nasional.

SuaraMadura.id – Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko menyampaikan kewenangan penindakan hukum terhadap pengusaha maupun penjual rokok ilegal, sekaligus menjawab pemberitaan negatif seputar kesatuannya.

Apa yang disampaikan Kapolres Sumenep, merupakan respon atas pemberitaan SuaraMadura.id edisi 29 Januari 2023 bertajuk ‘Polisi Pangkat Ipda Diduga Terima Jatah Pengamanan Rokok Ilegal Sumenep Tiap Bulan’ yang membuat gaduh sejumlah lini massa.

Ditemui di waktu senggangnya, Sabtu sore. Kapolres Sumenep menerangkan bahwasanya yang pertama harus dipahami oleh masyarakat ialah kewenangan mengenai penindakan rokok ilegal berada di bawah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bea Cukai.

“Itu yang pertama, sesuai dengan Undang-Undang Cukai. Dimana kami tidak memiliki kewenangan melakukan penindakan rokok ilegal. Memang sebagian masyarakat yang belum paham, tahunya Polisi bisa menindak,” jelas Kapolres Sumenep. Sabtu (04/03/23).

Padahal, AKBP Edo Satya Kentriko menjelaskan, jika jajarannya melakukan penindakan terhadap rokok ilegal malah berpotensi dapat di pra peradilan-kan karena memang tidak memiliki wewenang atas hal tersebut. “Ini yang harus diberikan pengertian pada masyarakat,” pintanya.

Berikutnya, Perwira Menengah yang sebelumnya berdinas di Bareskrim Polri tersebut menambahkan. “Para pelaku usaha rokok tanpa cukai yang biasa disebut rokok ilegal tentunya memahami bahwa Bea Cukai lah yang berwenang, bukan anggota kesatuan kami,” imbuhnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Sehingga kabar miring adanya jatah pengamanan setiap bulan dari rokok ilegal kepada anggota kami kok sepertinya kecil kemungkinannya, atau bisa dikatakan tidak mungkin,” tegas Kapolres Sumenep.

Kendati begitu, pria kelahiran Jember dengan pangkat Melati Dua di pundaknya itu telah bereaksi cepat perihal persoalan tersebut agar tidak berkepanjangan dengan memerintahkan Unit Paminal untuk melakukan penyelidikan.

Baik berita positif ataupun negatif, kata Kapolres Sumenep, tetap harus disikapi. “Kalau positif kami apresiasi dan berterima kasih sedangkan yang negatif dijadikan introspeksi serta ditindaklanjuti. Dalam hal ini Paminal telah saya instruksikan,” ungkapnya.

“Perlu diketahui juga laporan Paminal itu bersifat tertutup ke atasan di tingkat Polres dan Polda mas,” pungkas Kapolres Sumenep menutup perbincangan menjawab polemik seputar rokok ilegal.

Avatar of Suara Madura
Written By

Suara Madura Merupakan Portal berita Terkini Menyajikan Berita Sumenep, Jawa Timur, Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Sidoarjo, Gresik, Madura, Jakarta Dll

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Peristiwa

Peristiwa

SuaraMadura.id – Mantan Kades Batuampar, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dikabarkan melakukan penganiayaan terhadap Wartawan Sumenep. Kejadian penganiayaan terhadap Wartawan Sumenep yang juga...

Peristiwa

SuaraMadura.id – Kapolres Sumenep datangkan Bidang laboratorium forensik atau Bidlabfor Polda Jatim ke lokasi kebakaran di Tricomp, salah satu unit usaha Mami Muda yang...

Peristiwa

SuaraMadura.id -Mami Muda, basecamp atau markas tempat berkumpulnya para Wartawan Sumenep yang sedang soroti kasus fraud 60 Miliar di BSI, dibakar si jago merah....

Peristiwa

Dirut Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan penyebab awal kebakaran depo Plumpang dan korban jiwa yang ditimbulkan di hadapan Komisi VI DPR RI.

Peristiwa

KM Baruna Jaya Raya yang mengangkut sembako dan material dari Banyuwangi, Jawa Timur menuju Sapeken, Sumenep, Madura hilang kontak.

Peristiwa

Setelah mendapatkan telepon dari Ko Apen, Bripka RS bersama Briptu RG, anggota Provos Polres Sumenep Sumenep, kemudian mendatangi Mr Ball untuk melihat kejadian tersebut.

BACA JUGA :

Sosial

SuaraMadura.id – Petani bersama Pemdes setempat melaksanakan kerja bakti tahunan memperbaiki jalan tani di Geligir Karante Desa paseraman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Minggu (28/5/23)....

Pendidikan

SuaraMadura.id – Sejumlah aktivis pemerhati kebijakan publik soroti tukar guling lahan Bangunan Klaster Rumput Laut Sumenep yang dilakukan Universitas Bahaudin Muhdary (Uniba Madura). Menurut...

Pendidikan

SuaraMadura.id – Kasek SMAN 1 Sumenep, Drs Ahmad Sulaiman berikan klarifikasi mengenai kabar adanya siswa yang dilarang pulang karena belum bayar SPP. Diberitakan sebelumnya...

Pendidikan

SuaraMadura.id – Akibat belum menyelesaikan pembayaran BPPMP, sejenis SPP. Beberapa siswa SMA Negeri 1 Sumenep dilarang meninggalkan sekolah. Kejadian ditahannya beberapa siswa SMA Negeri...

Pendidikan

SuaraMadura.id –  Masih terjadinya pungutan liar di SMA Negeri Sumenep seolah membuktikan ketidakberdayaan Cabdin Pendidikan Sumenep menghadapi mafia SPP. Persoalan pungutan sumbangan partisipasi pendidikan...

Advertisement