Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Kades Sepanjang Terindikasi Alihkan Sepihak BLT DD, Warga Siap Aksi

273
×

Kades Sepanjang Terindikasi Alihkan Sepihak BLT DD, Warga Siap Aksi

Sebarkan artikel ini

SuaraMadura.id –  Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Sepanjang, Kecamatan Sapeken, Sumenep, Madura, terindikasi kuat dialihkan secara sepihak oleh kadesnya hingga mendapat sorotan warga masyarakat.

Selain sebagian data penerima yang diduga dialihkan sepihak tanpa sepengetahuan penerima. Sejumlah masyarakat Desa Sepanjang yang  telah meninggal dunia tetap dimasukkan menjadi penerima BLT DD tahun anggaran 2022.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

Salah satunya yang tercatat sebagai penerima BLT DD Sepanjang ialah Harisil, warga Dusun Patemon, Desa Sepanjang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura.

Harisil bahkan berani membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa dirinya benar-benar terdaftar sebagai penerima BLT DD Desa Sepanjang Tahun anggaran 2022 dan tidak pernah menerima bantuan tersebut.

Warga Desa Sepanjang lainnya berinisial, JKR menyampaikan bahwa alasan BLT DD tahap 1 dan tahap 2  ini tidak dicairkan lantaran untuk dialihkan mensubsidi KWH meter listrik.

Namun, ia menambahkan, tidak pernah ada pembicaraan maupun kesepakatan yang dilakukan oleh Kades Sapanjang terhadap para penerima BLT DD tersebut.

“Sebagian ada yang menandatangani di atas materai bahwa mereka (penerima, red) tidak pernah menerima bantuan itu,” jelas JKR. Minggu (11/9).

Parahnya, lanjut JKR, KWH subsidi yang yang dijadikan sebagai pengalihan BLT DD warga Desa Sepanjang tak kunjung datang. Sehingga, warga masyarakat Desa Sepanjang penerima BLT DD mempertanyakan permasalahan tersebut.

“Bahkan sampai detik ini  tidak diketahui kapan KWH meter itu bakal ada,” sergahnya.

Daftar penerima BLT DD Desa Sepanjang  yang disinyalir telah meninggal dunia juga diungkap oleh JKR. Hal itu terungkap saat ia melakukan kroscek data ke bawah untuk mengetahui keabhasan data penerima.

“Saya punya daftarnya, bahwa warga yang meninggal tetap masuk sebagai penerima yang didaftarkan ini,” ucapnya.

Diketahui, jumlah warga penerima BLT DD Desa Sepanjang, Kecamatan Sapeken berjumlah kurang lebih 148 KPM.

Selain masalah BLT DD, tersiar juga di media sosial Facebook sejumlah persoalan yang mendera Desa Sepanjang. Seperti terlihat pada postingan akun Facebook bernama Amin Sapeken.

Dalam postingan tersebut Amin menghimbau terhadap sejumlah masyarakat Desa Sepanjang, agar pada hari Senin, 12 September 2022, mengikuti aksi damai dan orasi di balai desa.

Dalam aksi damai tersebut pihaknya akan membawa berbagai macam tuntutan warga Desa Sepanjang, yang salah satunya adalah persoalan BLT DD.

Mendapati informasi tersebut, tim media melakukan klarifikasi pada Kades Sapeken melalui perpesanan WhatsApp.

Namun, hingga berita ini ditayangkan Kades Sepanjang, Rahby tak memberikan respon apapun walau pesan awak media terlihat centang biru alias menandakan telah dibaca.