Connect with us

Hi, what are you looking for?

DR. Iwan Kuswandi, M.Pd.
DR. Iwan Kuswandi, M.Pd. Wisudawan Terbaik UMM 2022 Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam.

Inspirasi

Iwan Kuswandi, Mantan Loper Koran dan Anak Supir yang Jadi Wisudawan Terbaik UMM 2022

SuaraMadura.id – Iwan Kuswandi, putra bapak Nafi yang berprofesi sebagai supir sukses meraih Cumlaude atau lulus dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.0 pada Program Doktoral S3 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tak ayal prestasi tersebut pun menempatkannya sebagai Wisudawan Terbaik.

Sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Direktorat Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang bernomor E. 7.a /0277.a/DPPs-UMM/VI/2022. Iwan Kuswandi dijadwalkan menjalani Wisuda periode 2 Tahun 2022 UMM yang akan dihelat pada, Selasa (28/6).

Dari penuturannya, yang disajikan apik oleh Badrut Tamam di Kompasiana, Minggu (19/6). Tidak jarang Iwan Kuswandi mengalami beberapa kesulitan. Namun berkat kegigihan dan ketekunannya dalam belajar, kesulitan tersebut mampu diatasinya dengan baik.

Sebagai alumni TMI Al Amien Prenduan, Sumenep, Madura. Iwan Kuswandi telah mengasah dan terus mengembangkan kompetensinya sebelum menempuh pendidikan di UMM, salah satu universitas ternama di Jawa Timur.

Bakat berpikir kritis sistematis serta bakat menulis Iwan Kuswandi tidak lepas dari kisah masa kecilnya saat di bangku sekolah dasar. Sembari menjual koran keliling alias loper, ia melahap habis halaman demi halaman jualannya tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Alhamdulillah Hadza Min Fadhli Rabbi,” ujarnya singkat. Sebuah ungkapan Nabi Sulaiman AS yang terdapat dalam Alquran surat An Naml ayat 40. dengan arti, ‘Ini termasuk karunia dari Tuhan-ku’. Sungguh sebuah sikap tawadhu dari pria kelahiran Desa Pabian tahun 1987.

Di samping itu, ia sering menceritakan bagaimana keistiqamahan ibu Toya, ibunda tercinta Iwan Kuswandi yang kerap mendoakannya serta berpuasa setiap hari kelahirannya. Diakuinya juga berperan penting dalam kesuksesan yang diraihnya sebagai Wisudawan Terbaik.

Iwan Kuswandi tergolong Doktor yang produktif dalam dunia tulis menulis, baik jurnal maupun buku. Terlihat bagaimana dalam dua tahun terakhir ia berhasil membukukan puluhan karya tulisnya yang bereputasi nasional maupun internasional.

Seperti buku Ulama Negosiator Pesantren dengan pengantar oleh Huub de Jonge dari Nijmegen, Belanda. Kemudian Sang Konseptor Pesantren, disusul buku berjudul Kontinuitas dan Pengamalan Tarekat Tijaniyah, Tiga Muqoddam Tijaniyah serta Aktualisasi Tasawuf Tarbawi Ulama Pesantren.

Hampir semua biografi kiai dan kesejarahan tentang pondok pesantren Al-Amien Prenduan menjadi fokus karyanya yang jika ditotal berjumlah puluhan tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sebagai informasi, Disertasi berjudul Kontinuitas dan Perubahan Pengamalan Tarekat Tijaniyah di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep Madura, yang berhasil mengantarkan DR. Iwan Kuswandi, M.Pd. menyelesaikan studi S3 Doktor Pendidikan Agama Islam dengan predikat Wisudawan Terbaik.

Avatar of Suara Madura
Written By

Suara Madura Merupakan Portal berita Terkini Menyajikan Berita Sumenep, Jawa Timur, Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Sidoarjo, Gresik, Madura, Jakarta Dll

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Peristiwa

Peristiwa

SuaraMadura.id – Mantan Kades Batuampar, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dikabarkan melakukan penganiayaan terhadap Wartawan Sumenep. Kejadian penganiayaan terhadap Wartawan Sumenep yang juga...

Peristiwa

SuaraMadura.id – Kapolres Sumenep datangkan Bidang laboratorium forensik atau Bidlabfor Polda Jatim ke lokasi kebakaran di Tricomp, salah satu unit usaha Mami Muda yang...

Peristiwa

SuaraMadura.id -Mami Muda, basecamp atau markas tempat berkumpulnya para Wartawan Sumenep yang sedang soroti kasus fraud 60 Miliar di BSI, dibakar si jago merah....

Peristiwa

Dirut Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan penyebab awal kebakaran depo Plumpang dan korban jiwa yang ditimbulkan di hadapan Komisi VI DPR RI.

Peristiwa

KM Baruna Jaya Raya yang mengangkut sembako dan material dari Banyuwangi, Jawa Timur menuju Sapeken, Sumenep, Madura hilang kontak.

Peristiwa

Setelah mendapatkan telepon dari Ko Apen, Bripka RS bersama Briptu RG, anggota Provos Polres Sumenep Sumenep, kemudian mendatangi Mr Ball untuk melihat kejadian tersebut.

BACA JUGA :

Inspirasi

SuaraMadura.id – Genangan air yang membunuh busi. Bubur-bubur tanah liat yang memualkan sendi-sendi. Onggahan batu yang berbunyi gardem-gardem. Curang curam singamatkattor roda-roda menjadi hiasan...

Kesehatan

SuaraMadura.id – Direktur RSUD Dr. H. Moh Anwar Sumenep, dikabarkan akan diganti timbulkan kekhawatiran penurunan kinerja rumah sakit plat merah Kota Keris tersebut. Wajah...

Berita

SuaraMadura.id – Nelayan Masalembu Kabupaten Sumenep sampai detik ini terus berjuang untuk menjaga laut dari alat tangkap yang merusak. Kembali Nelayan Masalembu bersitegang dengan...

Layanan Publik

SuaraMadura.id – Meski belum mengantongi Izin resmi, kapal tongkang penyeberangan dari Batu Guluk – Mamburit di wilayah Kepulauan Kangean, Sumenep, tetap beroperasi. Keselamatan penumpang...

Sosial

SuaraMadura.id – Petani bersama Pemdes setempat melaksanakan kerja bakti tahunan memperbaiki jalan tani di Geligir Karante Desa paseraman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Minggu (28/5/23)....

Advertisement