Scroll untuk baca artikel
Inspirasi

Gandeng MDW dan Medco Energi, Huda Berinovasi Ciptakan Mesin Pengaduk Petis

1202
×

Gandeng MDW dan Medco Energi, Huda Berinovasi Ciptakan Mesin Pengaduk Petis

Sebarkan artikel ini
Gandeng MDW dan Medco Energi, Huda Berinovasi Ciptakan Mesin Pengaduk Petis
Mesin pengaduk petis, inovasi hasil ciptaan Huda. (Foto/Mat Jusi).

Suaramadura.id | Sampang – Petis merupakan salah satu bahan makanan yang populer di Kabupaten Sampang, Madura, khususnya di area pesisir dan kepulauan.

Bahan makanan berwarna hitam yang terbuat dari kuahnya ikan ini biasanya digunakan sebagai pelengkap atau saus cocolan untuk camilan, seperti martabak dan gorengan.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

Namun, proses produksi petis masih banyak yang dilakukan secara tradisional, sehingga menghabiskan waktu dan tenaga yang cukup besar.

Nah! untuk mengatasi hal tersebut, Lembaga Swadaya Masyarakat Madura Development Watch (LSM MDW) Sampang melalui Samsul Huda.

Pemuda kreatif dan ahli teknik itu membuat mesin pengaduk petis semi otomatis untuk mempercepat proses pembuatan petis bagi pelaku UMKM. Samsul Huda mengatakan, ada kelemahan dalam membuat petis dengan cara tradisional.

“UMKM mengeluh kalau olahan petis tak selalu bagus, kadang ada yang gosong. Diaduk menggunakan tangan pun ada yang bilang kecapean dan sebagainya. Oleh karena itu LSM MDW mengajak saya untuk berkolaborasi mengatasi keluhan masyarakat serta mengurangi beban para pembuat petis, dan pada kesempatan itu saya kembali mengasah kemampuan ku untuk membuat mesin pengaduk petis,” ucap Samsul Huda warga Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Provinsi Jawa Timur. Jumat (06/10/23).

Huda juga menjelaskan, mesin tersebut dapat mengaduk secara otomatis dengan penggerak motorik listrik dan suhu teratur, sehingga petis tidak mengerak atau gosong.

“Petis yang dihasilkan akan dicampur dan diaduk secara merata oleh mesin pengaduk dan memastikan konsistensi petis yang dihasilkan merata dan tidak terlalu cair atau terlalu kental,” sambungnya.

“Oh iya pada kesempatan ini, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada LSM MDW dan Medco Energi karena telah memfasilitasi dan memberi kepercayaan kepada kami untuk membuat mesin pengaduk petis. Semoga mesin yang kami ciptakan bisa membantu pelaku UMKM atau pembuat petis,” pungkasnya.

Lintas Cellong Arjasa
Inspirasi

SuaraMadura.id – Genangan air yang membunuh busi. Bubur-bubur tanah liat yang memualkan sendi-sendi. Onggahan batu yang berbunyi gardem-gardem. Curang curam…

Ramadhan Bulan Istimewa
Inspirasi

SuaraMadura.id – Dalam kalender umat Islam Ramadhan adalah sebuah bulan istimewa. Di Bulan ini, penganut Islam diwajibkan menjalankan Ibadah Puasa…