Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Cerita Dibalik Safari Kepulauan Bupati Sumenep dengan KM DBS 3

151
×

Cerita Dibalik Safari Kepulauan Bupati Sumenep dengan KM DBS 3

Sebarkan artikel ini
Cerita Dibalik Safari Kepulauan Bupati Sumenep dengan KM DBS 3
Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat akan menaiki KM DBS 3 untuk melakukan Safari Kepulauan. Foto/TRD.

SUMENEP – Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi – Dewi Khalifah, dijadwalkan melakukan Safari Kepulauan selama 5 hari ke depan mulai, Kamis (2/6) sore ini, dengan tujuan awal Kepulauan Sapeken.

Bertolak dari Pelabuhan Kalianget sekitar pukul 17.30 WIB, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep beserta rombongan menaiki KM Dharma Bahari Sumekar 3 kepunyaan PT. Sumekar Line untuk Safari Kepulauan tahun ini.

Scroll Keatas Untuk Melanjutkan.
Hub Kami Untuk Kerjasama .

Belakangan, kondisi keuangan yang kurang baik tengah dialami PT Sumekar Line yang kegiatan usahanya melayani transportasi warga masyarakat Kepulauan Sumenep, diduga terjadi akibat imbas dari buruknya manajemen keuangan direksi sebelumnya.

Baca juga: Safari Kepulauan Bupati Sumenep Diwarnai Anggapan Pilih Kasih

Ketiadaan anggaran untuk melakukan docking kapal yang dimiliki hingga belum terbayarkannya gaji karyawan selama beberapa bulan terakhir, sempat mewarnai krisis PT Sumekar Line. Namun hal tersebut tak lantas membuat BUMD Kota Keris itu berpangku tangan.

Terbukti, langkah PT Sumekar Line berpartisipasi pada tender Belanja Operator Kapal yang diadakan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep untuk Safari Kepulauan, berbuah manis dengan ditetapkan sebagai pemenang.

Cerita Dibalik Safari Kepulauan Bupati Sumenep dengan KM DBS 3
Safari Kepulauan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep. © Redaksi.

Bersumber anggaran APBD 2022, lelang dengan HPS Rp.633.000.000 berhasil dimenangkan PT Sumekar Line dengan harga penawaran senilai Rp.608.370.201. Sehingga KM Dharma Bahari Sumekar 3 terpilih melayani Safari Kepulauan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun ini.

Kegigihan PT Sumekar Line untuk terus berusaha mendapatkan apresiasi dari pemerhati kebijakan publik Pemkab Sumenep sekaligus Ketua DPD LAKI Jatim, Bagus Junaidi yang kerap disapa dengan panggilan Edi LAKI.

“Saya angkat topi terhadap kegigihan PT Sumekar Line untuk tetap melakukan upaya di saat kondisi internal yang terhimpit masalah keuangan,” ujarnya di tempat usaha berbentuk warung kopi miliknya di Jalan Lingkar Utara, Kota Sumenep. Kamis (2/6).

Baca juga: Eks Dirops PT Sumekar Line Buka-bukaan Tentang Pembelian Kapal Tongkang

Menurut Edi LAKI, apa yang dilakukan oleh PT Sumekar Line hendaknya menjadi contoh bagi BUMD lain yang dimiliki Kabupaten Sumenep. “Seperti PD Sumekar harus mencontoh operator KM Dharma Bahari Sumekar 3. Tidak melulu sensasi yang dikedepankan,” sindirnya.

“Kita patut bersyukur, PT Sumekar Line yang terpilih sebagai operator penyedia kapal di Safari Kepulauan kali ini. Paling tidak, anggaran yang dikeluarkan tetap berputar di dalam Sumenep, tidak lari keluar,” tukas dia.

Guna meminta tanggapan atas keberhasilan KM Dharma Bahari Sumekar 3 menjadi armada Safari Kepulauan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, kami pun menghubungi Direktur Operasional PT Sumekar Line, Imam Mulyadi via panggilan WhatsApp.

“Alhamdulillah kami berhasil keluar sebagai pemenang lelang pemilihan operator kapal untuk Safari Kepulauan Bupati tahun ini berkat kerjasama seluruh jajaran direksi dan karyawan PT Sumekar Line serta sebagai wujud melayani,” ungkapnya, Kamis (2/6).

Terakhir, Imam Mulyadi menerangkan bahwasanya, KM Dharma Bahari Sumekar 3 akan melayani Safari Kepulauan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep hingga dini hari 6 Juni 2022.